06 Desember 2009

Hati-Hati Bahaya Air Putih Bisa Membunuhmu!


Kita bisa mati kalau minum air lebih banyak dari yang bisa dikeluarkan oleh tubuh kita.. (Scientific American, 21 Juni 2007)

Sering saya mendapat anjuran, baik dari teman atau baca di internet, supaya minum air minimal sekian liter perhari. Bahkan saya kadang merasa bersalah, kalau seharian kurang minum air putih. Namun saya jarang mendapat peringatan kalau minum terlalu banyak, alih2 baik buat kesehatan, bisa menyebabkan kematian.

Gimana ceritanya, wong air penting banget buat tubuh kita, bahkan 66 % tubuh kita terdiri dari air?

Dalam tubuh, air yang ada dalam sel diperlukan sebagai media untuk transportasi nurisi dan mineral2 penting yang dibutuhkan tubuh. Ibaratnya truk ngangkut sembako dari desa ke kota, kalau terlalu banyak truk tapi sembako jumlahnya tetap bikin jalan jadi macet, sampe keluar jalan. Yah, itu cuma analogi bodo2 an saya aja..

Air yang diminum = Air yang keluar sebagai air seni + Air yang keluar sebagai keringat + Air yang keluar bersama hembusan nafas + Air keluar dalam bentuk lain (darah, sperma, dsb, yang jumlahnya kecil).

Pengaturan jumlah air dalam tubuh tidak lepas dari kerja keras ginjal, tepatnya mengatur konsentrasi cairan dalam tubuh dengan mengatur jumlah air yang keluar tubuh. Tiap jam, dalam kondisi normal, ginjal yang sehat bisa ‘mengolah’ 0,8 sampai 1 liter air. Jika kita minum air 0,8 sampai 1 liter air per jam, tidak masalah. Namun ada kondisi dimana ginjal ‘dipaksa’ untuk mengurangi jumlah air yang dikeluarkan oleh hormon vasopressin, kalau tubuh mengalami stess, misal lari marathon. Ya mungkin tubuh kita ingin mengantisipasi agar tidak dehidrasi, karena banyak cairan yang kaluar sebagai keringat. Kondisi seperti ini, potensial terjadi kelebihan air dalam tubuh.

Pertanyaan inti, kenapa kelebhan air bisa mematikan?
Konsentasi garam (natrium) dalam tubuh kita, minimal 4 ons per galon, kalau kurang dari itu bisa terjadi HYPONATREMIA. Keadaan dimana konsentrasi sel darah terlalu encer, akibatnya air keluar dari sel darah untuk mencari sel dengan konsentrasi lebih tinggi. Kalau nggak salah ini namanya OSMOSIS.

Ada sel yang elastis, mampu mengakomodasi kelebihan air dari sel darah. Namun jika kelebihan air masuk dalam jaringan yang neuron otak yang rigid, air akan berbagi tempat yang sempit dengan cairan otak dan sel darah dalan rongga kepala. Kondisi ini mengganggu kerja neuron otak dan bisa menyebabkan koma, sesak nafas, dan bisa berujung pada kematian..

Berapa banyak seharusnya kita minum air?. Idealnya seberapa banyak keringat yang kita keluarkan, segitulah kita minum. Tapi karena susah menghitungnya, kembali kepada cara alami yang paling mudah, yaitu minumlah jika haus, dan secukupnya..

Tubuh kita sudah punya istrumen dan indikator, yang berguna untuk menjaga kondisi tubuh tetap seimbang. Subhanalloh!

Walaupun air sangat penting bagi tubuh, namun minum air berlebihan bisa membunuh kita!. Berlebih-lebihan (termasuk berkurang-kurang secara berlebihan) memang nggak baik..

Sumber: anangprayogo.wordpress.com

Related Posts by Categories



3 komentar:

onny mengatakan...

semoga bermanfaat... sob... kutunggu posting tentang kopi coz saya penggemar kopi...
sehari bisa menghabiskan 5 gelas kopi.. nih

Arief Masqulin mengatakan...

wah... bahaya tuh...
asal jangan kopi item ajah sob... ;-)

Iseng Ngeblog mengatakan...

Weh termyata begitu to, baru tau sy

:) :( ;) :D :A :B :C :X :p :-* X( B-) :E :F =)) :G @};- ~o) :H (*) :i :-h :-q :-bd :ZZ

Posting Komentar

Tolong berikan komentarnya, komentar anda sangat berarti bagi kami. Terimakasih telah mengunjungi blog MASQULIN.BLOGSPOT.COM.

Note:
Setelah memberi komentar, silahkan klik "Subscribe by email" (pada pojok kanan bawah komentar ini) untuk menerima jawaban komentar dari kami.


Template Editing by Arief Masqulin on Free Blogspot Templates | Sponsored by SMART PC CORPORATION
Design Template by www.allblogtools.com