SEKILAS
Dilihat dari segi manapun, pecinta motor tentu setuju kalau vespa adalah motor paling seksi.Inilah satu-satunya jenis motor yang berbentuk unik, semua bagian tubuhnya cenderung membulat dengan buntut mirip lekuk tubuh tawon. Karena bentuknya yang khas, vespa meroket sebagai motor yang sangat populer dan bahkan melegenda di dunia.
DEBUT
Lebih seabad silam, tepatnya 1884, enrico piaggio pengusaha muda berdarah italia memulai usahanya di bidang pesawat terbang. Dua puluh tahun kemudian, usahanya itu bangkrut. Dasar bersemangat baja dalam dunia bisnis, piaggio pantang menyerah.Lalu dimulailah merancang industri alat transportasi dengan alternative kendaraan niaga ringan.
Maka pada tahun 1945, konstruksi alternative tersebut ditemukan.Sebuah konsep sepeda motor berkerangka besi dengan lekuk membulat bagai terowong. Mengejutkan, ternyata bagian staternya dirancang dengan menggunakan komponen bom dan rodanya diambil dari roda pesawat tempur. Hasilnya, muncullah pertama kali produk motor dengan seri p108. Kendaraan ini berteknologi sederhana tapi punya bentuk yang amat menarik, bagai binatang penyegat karena bentuk kerangkanya. Akibat tampilannya itu, motor ini lebih sering dinyatakan sebagai wespe atau vespa, yang artinya memang binatang penyengat.
Vespa telah berkembang dari sebuah skuter model tunggal. Diproduksi pada tahun 1946 oleh piaggio & co spa dari pontedera, italia. Yang kini menjadi produsen kendaraan roda dua terbesar di eropa dan terbesar keempat di dunia dalam hal penjualan unit. Diawali sejak pertengahan tahun 1950-an. Piaggio, produsen motor asal italia ini, mengumumkan mampu memperdagangkan lebih dari 15 juta unit motor pada 1956 ke seluruh pelosok dunia.
SEJARAH DAN EVOLUSl
Tahun 1944. Renzo vittorio casini spolti yang adalah insiyur piaggio, merancang sepeda motor dengan melampirkan drivetrain bodywork penuh dan membentuk penjaga splash tinggi di bagian depan. Pada tahun 1944, insinyur piaggio renzo vittorio casini spolti merancang sepeda motor dengan melampirkan drivetrain bodywork penuh dan membentuk penjaga splash tinggi di bagian depan.
Dengan nama resmi mp5 (moto piaggio no. 5). Karenanya hak paten pun segera dapat mereka kantongi. Namun, karena bentuk penutup pengaman yang bagai papan selancar itu, sejumlah pekerja di pabrik piaggio pun mengatakan sebagai motor paperino.
Harap diingat, jika paperino adalah ejekan untuk tokoh kartun donal duck saat itu.
Guna mengoptimakan bentuk dan kenyamanan penggunanya, selain karena piaggio pun tidak puas dengan desain dari spolti, pabrikan yang kala itu sebagai usaha kaki lima merancang papan penutup kaki pada bagian depan.Proyek ini langsung dipimpin ahli teknik konstruksi terkenal di italia kala itu, corradino d'ascanio. Hasil kerja keras pun tak sia-sia. Sehingga muncullah prototipe dari mp6 dengan menghilangkan bagian tengah dari produk sebelumnya.
Produk baru pun segera dilempar ke pasaran. Menawarkan konsep baru, vespa 150gs muncul dengan variasi kemudi dan lampu sorot yang dibuat menyatu. Perubahan ini tetap mendapat apresiasi tinggi dari pecintanya. Produk 150gs kala itu dikenal sebagai vespamore dan hampir selalu tampil di tiap film tahun 1960-an.
Selidik punya selidik ternyata fanatisme terhadap vespa muncul akibat ciri dasar bentuk motor ini yang selalu dipertahankan pada setiap produk berikutnya. Kekhasan pantat bahenol masih terasa melekat. Perkembagan selanjutnya vespa diarahkan pada bentuk sportif yang nampak pada produknya di tahun 1951, dan produk tersebut sempat mendapat medali emas untuk kategori motor sportif di eropa. Dan aktualisasi sportifnya terbukti dengan pecahnya rekor kecepatan 171 km/jam untuk kendaraan vespa bermesin 125cc. Dan sejak itulah para vespamania terlihat sering berkonvoi keluar kota secara berombongan.
ANTUSIASME PASAR
Perkembangan selanjutnya, produk ini ternyata laris deserap pasar eropa, amerika utara, asia, brazilia dan india. Dan merambat ke seluruh dunia. Tentunya selain di pasar domestik, produk ini laku bagai kacang goreng. Selain itu, india pun memproduksi jenis dan bentuk yang sama dengan mengambil mesin bajaj. Jenisnya adalah bajaj deluxe dan bajaj super. Sejumlah pihak lantas mengajukan lamaran untuk join membuat vespa. Maka pada tahun 1950 munculah vespa 125cc buatan jerman.
ESTAFET KEPEMILIKAN
Tahun 1959 piaggio berada di bawah kendali keluarga agnelli, pemilik produsen mobil fiat spa. Saat giovanni alberto agnelli menjadi ceo, vespa berkembang pesat. Pada tahun 1999 morgan grenfell private equity mengakuisisi piaggio, tetapi vespa malah memasuki gigi mundurnya. Pada tahun 2003, perusahaan dihadapkan dengan kebangkrutan. Kemudian datang roberto colaninno. Pada oktober 2003 colaninno membuat investasi awal 100 juta euro melalui perusahaan holding-nya immsi spa. Sebuah tanda tanya besar muncul dari banyak orang dan menyangka colaninno gila. Tapi dia berpendapat bahwa piaggio seharusnya dilakukan dengan baik dan pintar.
Salah satu masalah colaninno ialah karena ia tidak mampu memproduksi dalam jumlah yang besar. Padahal dia adalah pemimpin pasar eropa. Sehingga mau tak mau pasar terus di jejali merek dari jepang seperti yamaha dan honda. Tahun 2004, colaninno memutuskan untuk menyelamatkan merek sepeda motor asal italian lain pembuat aprilia. Tahun 2006, saham dari piaggio & co. Terbuka untuk masyarakat umum melalui listing di milan.
LlST MODEL
1. Paperino - prototipe aslinya yang dibuat pada 1945 di biella
2. Vespa 150 tap – modifikasi perancis untuk kendaraan anti-tank
3. Vnc super 125
4. Vbc super 150
5. Vba 150
6. Vbb 150
7. 125 gt
8. V9a
9. Vna
10. Vnb 125
11. Vespa u
12. Gs 150
13. Gs 160
14. Ss 180
15. Vespa 90 (3 spd)
16. Vespa 50 (3 spd)
17. Ss50 (4 spd)
18. Ss90 (4 spd)-90 ss super sprint
19. 150 gl
20. 90 racer
21. 125 ts
22. 100 sport
23. 125 gtr
24. 150 sprint
25. 150 sprint veloce
26. 180 super sport
27. Rally 180
28. Rally 200
29. 125 nuova (vma-1t) - prelude primavera
30. Primavera 125 also et3 (3 port version)
31. Pk 50
32. Pk 50 xl
33. Pk 50 roma (otomatis)
34. 50 s
35. 50 special
36. 50 special elestart
37. 50 sprinter / 50 sr (d)
38. 50 special revival (terbatas untuk 3.000 italia, dirilis pada 1991)
39. Cosa 1 - 125 cc, 150 cc, 200 cc
40. Cosa 2 - 125 cc, 150 cc, 200 cc
41. P 80 / p 80 e (france)
42. P 80 x/px 80 e (france)
43. Pk 80 s / elestart
44. Pk 80 s automatica / elestart
45. Pk 100 s automatica
46. Pk 100 xl
47. Pk 125 xl / elestart
48. Pk 125 s
49. Pk 125 e
50. Pk 125 automatica (transmisi otomatis)
51. P 125 x
52. Px 125 e/electronic
53. P 200 e
54. Px 200 e fl
55. Px 200 serie speciale (terbatas untuk 400 orang inggris dengan lisensi)
56. Px 200 serie speciale (terbatas untuk 400 orang inggris dengan lisensi)
57. T5 / elestart (5 port engine 125 cc p series)
58. T5 classic (5 port engine 125 cc p series)
59. Ts millennium (5 port engine 125 cc p series) (terbatas untuk 400 inggris dengan lisensi)
60. T5 millennium (5 port engine 125 cc seri p) (terbatas untuk 400 inggris dengan lisensi)
61. Et2 50-2-stroke
62. Et4 50 - 4-stroke
63. Et4 125 (euro model)
64. Et4 150 (euro model)
65. Et4 150 (us model)
66. Et8 150 (model timur)
67. Gt 125 (granturismo 125)
68. Gt 200 (granturismo 200)
69. Gts 250ie
70. Gts 250 super - hanya sekilas dijual di amerika serikat di mana mesin 278cc seperti yang digunakan dalam 300 super belum disetujui untuk digunakan. Digantikan oleh super 300 gts.
71. Px 125
72. Px 150 (diperkenalkan kembali ke pasar as dan kanada pada tahun 2004)
73. Px 200
74. Lx 50
75. Lx 125
76. Lx 150
77. Lxv 50 (ulang tahun ke-60 varian lx50)
78. Lxv 125 (ulang tahun ke-60 varian lx125)
79. Gt 60 ° 250 cc limited edition. 999 diproduksi di seluruh dunia dalam warna yang unik dan masing-masing menerima lencana peringatan, dipersonalisasi dengan inisial pemilik. Fitur lampu depan fender-mount, hanya berbagi dengan gtv 250.
80. Gts 125
81. Gts 250ie
82. Gts 250 yaitu abs
83. Gts 300 (2010)
84. Gts 300 super (2008)
85. Gtv 125 (ulang tahun ke-60 varian gts 125)
86. Gt60 (ulang tahun ke-60 terbatas menjalankan varian gts 250) fitur fender dipasang lampu sebagai penghargaan kepada vespas asli.
87. Model gtv 250 standar berdasarkan gts250ie tersebut. Secara fisik mirip dengan gt60, tapi tersedia dalam pilihan warna.
88. 30 px 125 (edisi terbatas, hanya 1000 yang diproduksi
89. Model s 50 dan s 125 baru 2007, diperkenalkan di milan motorshow november 2006
90. S 150 (2008)
91. Zafferano 50 cc dan 125 cc (edisi terbatas, hanya 200 yang diproduksi)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Tolong berikan komentarnya, komentar anda sangat berarti bagi kami. Terimakasih telah mengunjungi blog MASQULIN.BLOGSPOT.COM.
Note:
Setelah memberi komentar, silahkan klik "Subscribe by email" (pada pojok kanan bawah komentar ini) untuk menerima jawaban komentar dari kami.