09 Januari 2010

Bahaya Radiasi Ponsel Mengakibatkan Kanker Otak


Tak terduga bahwa bahaya radiasi pada ponsel dapat mengakibatkan kanker otak. Hal ini baru saya ketahui ketika tengah surfing di dunia maya. Meskipun banya teman saya yang mengatakan demikian, namun tak begitu saya tanggapi karena memang saya jarang sekali berkomunikasi lewat telpon. Demi keselamatan kita bersama sebelum terjadi hal yang tidak kita inginkan, saya akan berbagi tips kesehatan kali ini. Berikut liputannya.

Legislator di AS meminta ponsel diberikan label peringatan yang diharapkan mampu memicu penggerakan di seluruh dunia bahwa penggunaan perangkat itu berbahaya.

Wakil partai Demokrat, Andrea Boland mengajukan usulan agar ponsel baru dilengkapi dengan peringatan bahaya kanker otak layaknya kasus rokok. Dia tetap mendorong disahkannya legislasi tersebut, meskipun masih kekurangan bukti ilmiah.

Legislasi tentang kanker otak akibat radiasi ponsel juga dibahas bulan ini di Australia.

Andrea Boland mengatakan radiasi yang berasal dari sinyal ponsel meningkatkan risiko kanker otak, khususnya bagi pengguna berusia di bawah 18 tahun.

Opininya itu didukung oleh studi oleh Institut Swedia pada tahun 2006 yang menunjukkan adanya korelasi antara tumor otak dengan penggunaan ponsel secara berlebihan.

“Hal utama yang penting adalah label peringatan disisipkan di ponsel dan ketika orang membeli ponsel mereka memikirkan dengan baik tentang manfaat dan kerugiannya,” ujar Boland.

“Ini adalah sesuatu yang besar bagi industri dan modifikasi kecil itu meyakinkan orang, mereka harus memperlakukan segala sesuatunya dengan baik,” tambah Boland.

Randal Markey, Manajer Komunikasi Asosiasi Telekomunikasi Mobile Australia mengatakan, “dapat dipahami bila orang khawatir tentang ponsel karena pengalaman kontroversial mereka dengan tembakau dan asbes.”

“Kami tidak mengharapkan tiap orang menerima asuransi karena keamanan ponsel. Industri kita bergantung kepada opini para ahli kesehatan internasional. Tidak ada bukti yang cukup menunjang frekuensi suara melanggar keamanan internasional dan menyebabkan efek terhadap kesehatan,” ujar Markey.

WHO melakukan studi terhadap telepon dan dampaknya pada tahun 2005 dan menemukan bahwa tidak ada bukti meyakinkan terhadap peningkatan risiko kanker dari radiasi ponsel ataupun pemancarnya.

Randal Markey mengatakan jika orang khawatir tentang bahaya radiasi ponsel, maka secara praktis dapat mengurangi kontak langsung terhadap ponsel dengan menggunakan handsfree, membesarkan suara, hanya mengirim SMS atau membatasi jumlah panggilan telepon.

Di Australia terdapat lebih dari 22 juta ponsel. Hingga November 2009, lebih dari 8,35 juta handset masuk ke Australia, turun jika dibandingkan dengan 2007 yakni sebesar 9,3 juta unit. Sebagian besar pemasaran di wilayah Pasifik adalah di Australia.

Related Posts by Categories



3 komentar:

The Evo mengatakan...

salam kenal.... kunjungi http://rsfnevolution.blogspot.com
berikan sedikit ide

Unknown mengatakan...

wah.. bagaimana tuh, gue sering ditelpon ama temen gue ampe berjam2...
jadi serem bro.. :D

Arief Masqulin mengatakan...

@ The Evo: salam kenal... langsung ke TKP & memberi ide tuk sobat...!!! ;-)

@ Ahmad Ramadani: yoi sob, banyak temen bilang gitu, awalnya gag percaya, tapi pas liat info ini jadi keget & langsung posting. kasian jg klo yg gag tau... makanya, mending pke headset aj deh... ;-)

thanks dah mau berkunjung sobat... ;-)

:) :( ;) :D :A :B :C :X :p :-* X( B-) :E :F =)) :G @};- ~o) :H (*) :i :-h :-q :-bd :ZZ

Posting Komentar

Tolong berikan komentarnya, komentar anda sangat berarti bagi kami. Terimakasih telah mengunjungi blog MASQULIN.BLOGSPOT.COM.

Note:
Setelah memberi komentar, silahkan klik "Subscribe by email" (pada pojok kanan bawah komentar ini) untuk menerima jawaban komentar dari kami.


Template Editing by Arief Masqulin on Free Blogspot Templates | Sponsored by SMART PC CORPORATION
Design Template by www.allblogtools.com