22 Januari 2010

Hati-Hati Pola Makan Yang Kurang Sehat Dapat Menyebabkan Kehilangan Mood


Hati-Hati bagi anda yang kurang begitu memperhatikan pola makan anda. Karena baru-baru ini ada info bahwa penyebab stress dan hilangnya mood kemungkinan berasal dari pola makan yang kurang baik.

Berdasarkan riset banyak penelitian, makanan diyakini memegang peranan cukup besar dalam membangun mood seseorang. Terkadang salah mengkonsumsi makanan bisa menimbulkan rasa cemas dan mood yang tidak karuan.

Untuk mengatasinya, coba mulai dengan mengonsumsi makanan sehat agar tubuh dan pikiran menjadi tenang serta tak mudah cemas. Selain itu, rajinlah berolahraga, karena ini dapat merangsang produksi endorfin, yaitu- hormon yang berpotensi membuat tubuh merasa nyaman dan bahagia.

Ada beberapa cara untuk memperbaiki mood seperti yang dikutip dari WebMD. Beberapa langkah itu adalah;

1. Tekan tingkat stress dengan mengonsumsi banyak jenis makanan seperti seledri, wortel dan apel. Kandungan kalori makanan tersebut tergolong rendah, sehingga bobot tubuh juga bisa dipertahankan. Selain itu, bermanfaat juga bagi kesehatan gigi dan gusi.

2. Saat mengalami stres berat, tubuh amat membutuhkan asupan protein. Perbanyak konsumsi makanan yang kaya protein, seperti selai kacang. Ambil satu sendok teh penuh selai kacang, dan oleskan pada potongan apel atau batang seledri sebelum Anda berangkat ke gym. Protein nabati maupun hewani memberikan efek menenangkan pada otak. Protein membantu otak untuk bekerja cepat dalam menerima pesan.

3. Minum secangkir teh chamomile. Chamomile dapat membuat otot terasa relaks, sehingga tingkat stres dan ketegangan juga ikut turun. Menurunnya tekanan akan menurunkan risiko terkena serangan jantung. Chamomile juga membantu detoksifikasi tubuh dengan memperlancar fungsi ginjal.

4. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, seperti roti gandum dan nasi beras merah, karena karbohidrat merupakan penyedia energi yang baik untuk tubuh dan otak. Perasaan cepat lelah dan mudah marah bisa juga muncul karena kekurangan karbohidrat dalam tubuh.

5. Makanlah kacang-kacangan, seperti kacang hijau, kedelai, dan almond. Jenis makanan ini mengandung sejumlah boron yang mampu menghantarkan sinyal dari satu ujung syaraf ke ujung syaraf lainnya di dalam otak, sehingga tubuh akan terasa tenang.

6. Konsumsi hidangan laut yang kaya protein juga pilihan baik untuk melawan stres. Makanan sumber mineral seng ini meningkatkan kemampuan otak menyimpan memori sehingga dapat meningkatkan daya ingat serta membuat otak lebih mudah berkonsentrasi.

7. Perbanyak makanan berserat, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Selain memperlancar BAB, makanan berserat bisa memperbaiki mood dan membantu mempertahankan kadar gula dalam darah agar tetap stabil. Tubuhpun mendapat cukup energi sepanjang hari.

8. Kurangi asupan kopi. Dalam kondisi stres gangguan lambung seringkali terjadi. Hal ini mengindikasikan bahwa saluran cerna perlu perhatian lebih saat tubuh mengalami gangguan emosional.

Oleh karena itu, kurangilah makanan-makanan yang berpotensi menyebabkan iritasi lambung, seperti: kopi kental, minuman beralkohol, makanan berlemak tinggi, makanan pedas, dan makanan asam (acar dan buah muda).

Related Posts by Categories



2 komentar:

GEORGEOUZ mengatakan...

Waaahhh....jd yg pertamaxx nich....
keren sob artikelnya....tops kesehatan....bagus nich....
thanx infonya yaaa....smoga diriku bisa menjalankan tips2nya....
biar tetap sehat...

Arief Masqulin mengatakan...

yap. kesehatan mahal harganya sob... ;-)

:) :( ;) :D :A :B :C :X :p :-* X( B-) :E :F =)) :G @};- ~o) :H (*) :i :-h :-q :-bd :ZZ

Posting Komentar

Tolong berikan komentarnya, komentar anda sangat berarti bagi kami. Terimakasih telah mengunjungi blog MASQULIN.BLOGSPOT.COM.

Note:
Setelah memberi komentar, silahkan klik "Subscribe by email" (pada pojok kanan bawah komentar ini) untuk menerima jawaban komentar dari kami.


Template Editing by Arief Masqulin on Free Blogspot Templates | Sponsored by SMART PC CORPORATION
Design Template by www.allblogtools.com